Book Now! For your Prime Location

Indo Water 2018 Surabaya

Incorporating with

International Pavilion

Investasi Air Minum Karian, ADHI Siapkan Rp1 Triliun

Bisnis.com, JAKARTA — PT Adhi Karya Tbk. menyiapkan dana Rp1 triliun untuk investasi pada proyek Sistem Penyediaan Air Minum Karian di Banten.

Direktur Keuangan PT Adhi Karya Tbk. (ADHI) Entus Asnawi mengatakan bahwa perseroan sudah mengajukan studi kelayakan ke Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

Studi tersebut menjadi modal bagi perseroan untuk menjadi pemrakarsa dalam proyek unsolicited atau proyek prakarsa badan usaha.

"Ini masih agak panjang karena bendungannya sendiri belum selesai. FS [feasibility study] sendiri sudah masuk dan pemda juga mendukung," jelasnya kepada Bisnis.com, pekan lalu.

SPAM Karian akan menggunakan air baku dari Bendungan Karian. Bendungan tersebut saat ini masih dalam tahap konstruksi dan dijadwalkan selesai tahun ini.

Bendungan Karian dirancang untuk menampung air sebanyak 314,70 juta meter kubik.

Entus menerangkan bahwa Adhi Karya tidak sendiri dalam menggarap proyek SPAM Karian. Perusahaan, lanjutnya, akan berkongsi dengan perusahaan asal minum dari Korea Selatan, yaitu Korea Water Resources Corporation (K-Water).

Menurutnya, ADHI dan mitranya belum menentukan porsi saham dalam konsorsium karena saat ini masih dalam tahap pembahasan.

Bisnis mencatat bahwa komposisi saham dalam konsorsium yang sempat mencuat yakni, Adhi Karya 30%, K-Water 55%, dan sisanya perusahaan lain.

Dalam proyek SPAM Karian, konsorsium yang digalang Adhi Karya berpeluang memenangi lelang karena proyek ini merupakan usulan badan usaha. Pada umumnya, pemrakarsa akan mendapat hak istimewa, salah satunya hak menyamakan penawaran.

Secara umum, SPAM Karian akan menghasilkan air baku dengan kapasitas Rp3.200 liter per detik. Air ini akan dialurkan ke perusahaan daerah air minum di Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, dan DKI Jakarta.

Source: bisnis.com

Contact us

PT Napindo Media Ashatama

Jl. Kelapa Sawit XIV Blok M1 No.10, Komplek Billy Moon Pondok Kelapa
Jakarta 13450, Indonesia

Tel: +6221 8650962, 8644756 8655785
Fax: +6221 8650963
Email:
info@indowater.com

Exhibition Hours

Wed, 17 July   : 10.00 - 18.00
Thu, 18 July    : 10.00 - 18.00
Fri, 19 July      : 10.00 - 17.30

Venue:
Jakarta Convention Center
Jakarta - Indonesia

Official Legal Partner

© 2018 Indo Water Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama