Opening Ceremony Indo Water 2019

Permintaan air minum dalam kemasan diperkirakan meningkat di masa transisi PSBB

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pelaku industri air minum dalam kemasan (AMDK) berharap relaksasi pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dapat kembali merangsang permintaan pasar. 

Ketua Umum Asosiasi Perusahaan Air Minum dalam Kemasan Indonesia (Aspadin) Rachmat Hidayat mengatakan, pembukaan kembali aktivitas perekonomian dan perdagangan di pasar, pertokoan, pusat perbelanjaan dan sebagainya berpotensi menumbuhkan kembali permintaan AMDK.

Namun, kenaikannya diperkirakan belum bisa melebihi angka permintaan pada kondisi normal. Maklum saja, sebelumnya permintaan AMDK sempat merosot hingga 40% dibandingkan bulan sebelumnya saat pagebluk corona pertama kali merebak di Indonesia beberapa waktu lalu.

Kala itu, penurunan paling dalam dijumpai pada permintaan AMDK kemasan gelas dan botol. Dugaan Rachmat, hal ini disebabkan oleh turunnya konsumsi produk-produk makanan-minuman (mamin) yang biasa dikonsumsi di tempat atawa on the spot seiring berkurangnya aktivitas di luar rumah.

Lebih lanjut, Rachmat juga memperkirakan bahwa kenaikan permintaan pada produk AMDK akan terjadi secara perlahan.

 

“Perlu waktu, walaupun sekarang mall sudah buka, tapi kan jumlah pengunjung yang datang sangat-sangat minimal, jadi perlu berangsur-angsur perlahan,” terang Rachmat kepada Kontan.co.id, Selasa (23/6).

Sejumlah produsen AMDK mengaku siap memenuhi kebutuhan pasar apabila terjadi kenaikan permintaan. Communications Director Danone Indonesia Arif Mujahidin mengatakan, AQUA siap meningkatkan volume produksi serta mempercepat distribusi ke setiap titik penjualan apabila memang diperlukan.

“Kami harus hadir di mana pun produk kami dibutuhkan,” kata Arif ketika dihubungi oleh Kontan.co.id Selasa (23/6).

Hal serupa juga diungkapkan Head of Corporate and Marketing Communication OT Group, Harianus Zebua. Ia bilang, OT Group sudah membangun beberapa pabrik di luar Pulau Jawa untuk meningkatkan efisiensi serta mempermudah distribusi. Dengan demikian, pihaknya siap melayani kebutuhan AMDK di titik penjualan yang ada meski terjadi kenaikan permintaan dari agen dan toko.

Tidak hanya itu, OT Group juga terus menggencarkan layanan antar ke rumah untuk mengantisipasi keinginan konsumen yang masih enggan untuk ke luar rumah.

“Tentunya semua operasional kami baik di bagian produksi, pemasaran, gudang dan penjualan menjalankan protokokler kesehatan secara ketat, sesuai dengan ketentuan di wilayah kerja masing-masing,” ujar Harianus kepada Kontan.co.id, Selasa (23/6).

 

Sumber: https://industri.kontan.co.id/news/permintaan-air-minum-dalam-kemasan-diperkirakan-meningkat-di-masa-transisi-psbb

Contact us

PT Napindo Media Ashatama

Tel: +6221 8650962, 8644756, 8644785
Fax: +6221 8650963
Email:
info@indowater.com

Exhibition Hours

Wed, 21 Jul
 :  10.00 - 18.00
Thu, 22 Jul  :  10.00 - 18.00
Fri, 23 Jul  :   10.00 - 17.30

Venue:
Jakarta Convention Center (JCC)
Jakarta - Indonesia

Official Legal Partner

© 2020 Indo Water Expo & Forum. All Rights Reserved. Organised By PT Napindo Media Ashatama